Selamat Datang Di Blog Saya

Minggu, 11 Desember 2011

Fakta unik Boyband dan Girlband /band korea



1.       Kebanyakan Boyband atau band korea punya leader.
Biasanya member yang dijadiin leader itu member yang paling tua. Tapi banyak juga yang bukan karena dia paling tua tapi karena dia punya jiwa kepemimpinan yang wow. Tapi ada juga yang ga punya leader, missal: 2PM (dulu sempet Jay, tapi sekarang ga ada), U-Kiss, dan yang laennya. Contoh member yang dijadiin leader karena dia yang paling tua: Onew Shinee, Leeteuk Super Junior, DooJoon B2ST, dan yang laen. Contoh member yang dijadiin leader karena jiwa kepemimpinan: G-Dragon BIGBANG, U-know DBSK (dulu waktu masih berlima), Jong Hoon FT-Island, CL 2NE1 dan yang laen.

2.       Ternyata rata-rata leader Boyband atau band korea punya blood type A
Contohnya, ada Jonghun FT-Island, GD BIGBANG, CL 2NE1, Eeteuk Super Junior, JinYoung B1A4. Kabarnya managemen artis di Korea memang menetapkan aturan bahwa Leader dari sebuah group harus bergolongan darah A. Kenapa? Orang bergolongan darah A cenderung stabil, penuh kharisma, bertanggung jawab, selalu mengikuti aturan dan pembawaannya tenang.
3.       Maknae musti lucu
Maknae dari sebuah group itu biasanya gokil, konyol dan lucu. Contohnya, Seungri BIGBANG yang narsis gile kalo lagi di depan kamera dan suka bikin hyungsnya pada ngakak. Kyuhyun Super Junior yang suka jail sama hyungsnya waktu show, dan Chanana (Chansung) 2PM yang juga sama ‘gila’nya. *piss bang..^^

4.       Manajemen memilih maknae secara khusus
Dalam memilih maknae dari sebuah group ternyata ada aturannya. Manajemen artis Korea memilih maknae berdasarkan wajah dan kulitnya, yaitu mereka-mereka yang punya kulit susu dan wajah baby face. Kalau udah nemu orang yang berkriteria seperti itu, baru dia dilihat bakatnya. Memang rata-rata maknae wajahnya cute dan cakep, tapi ada juga kok yang maknaenya dikira leader atau yang paling tua, contohnya: Chansung 2PM, Jinwoon 2AM, dan mungkin masih ada lagi yang laen.
5.       Maknae biasanya dipilih yang paling akhir
Seperti yang udah Eun_Tae sebutin diatas bahwa maknae dipilih secara khusus, jadi dia juga pastinya dipilih yang terakhir karena saking sulitnya menemukan mereka. Mereka itu pastilah orang-orang yang special entah itu mukanya, atau bakatnya. Contohnya: Kyuhyun Super Junior, Seungri BIGBANG, DongWoon B2ST, dan yang laennya.
6.       Maknae musti mengalah sama senior-seniornya
Maknae musti ngalah sama hyungsnya, mungkin agak buruk penilaiannya. Yang bener gini nih, maknae selalu rela membantu hyungs atau eonnisnya di group. Misalnya: Seungri yang selalu rela kalau musti milih baju paling akhir, ada juga Chansung 2PM yang biasa beres-beres kalau udah pada selesai makan.
7.       Sebuah keuntungan popularitas group kalau maknaenya terkenal
Banyak manajemen artis korea yang menonjolkan leadernya, missal: G-Dragon BIGBANG, Leeteuk Super Junior, dan yang laennya. Tapi sekarang gentian maknaenya, misalnya: Jiyeon T-Ara yang sukses sama aktingnya, Seohyun SNSD dengan couplenya di We Got Married, dan yang laennya lagi.
8.       Harus ada personil yang menonjol
Hal ini mutlak ada, satu atau dua orang pasti ada yang lebih menonjol dibanding dengan member yang lain entah itu karena bakatnya atau pribadinya. Misalnya: G-Dragon karena fashionistanya, Heechul Super Junior karena kepribadiannya, Yoona SNSD karena kecantikannya, Nikhun 2PM karena mukanya yang super handsome, dan masih banyak lagi.
9.    -   Biasanya main vocalist tidak tampak menonjol
Suara para main vocalist ini ga perlu diraguin lagi dech, cuman mereka ga dikasih perhatian lebih karena kurang menonjol dibandingkan member yang lain. Nasib mereka meyedihkan juga loh, kalau group tampil jelek, ya merekalah yang kena sasaran. Contohnya nih: Yesung Super Junior, Taeyoon SNSD, dan masih banyak lagi.
10.   Kesuksesan sebuah group ga Cuma dari bernyanyi doank
Sebuah group akan semakin laris dan terkenal kalau mereka melakukan kegiatan entertainment lain seperti membintangi iklan, jadi endorse suatu produk, atau punya reality show. Contohnya nih: BigBang yang jadi endorse FILA, tampil di 1N2D (one night 2 days). Atau Super Junior yang banyak tampil di reality show kayak Full House, iklan Kyoochon chicken, dan endorse SPAO. Reality show seperti Hello Baby (SNSD & Shinee), Idol Maid (B2ST), Idol Army (FT-Island & MBLAQ) semakin meningkatkan popularitas group-group idola ini di dunia hiburan.
11.   Ada beberapa personel yang terjun ke dunia acting atau MC
Setelah cukup puas dengan bernyanyi, biasanya beberapa dari personel suatu group akan mencoba untuk memasuki dunia acting atau MC. Beberapa dari mereka sukses dengan rating yang tinggi. Karena mereka sudah cukup terkenal di dunia music lalu fans mereka banyak dan menunggu kemunculan mereka itu. Sehingga itupun menjadi sebuah strategi bagi produser-produser Korea untuk menaikkan rating mereka. Contohnya: TOP BIGBANG, Taecyon 2PM, Jiyeon T-Ara, Eunhyuk Super Junior, Lee Hongki FT-Island, Jung Yong Hwa CNBlue, dan masih banyak lagi.
12.   Semua member sebuah group pasti pernah mengalami masa training di manajemennya masing-masing
Masa training personel sebuah group itu beda-beda dan nggak singkat. Misalnya 1 tahun, 2, 3, atau bahkan 7 tahunan seperti Yoona SNSD atau Jessica. Ada juga yang singkat seperti Kyuhyun Super Junior yang ternyata Cuma 3 bulan doank. Lamanya masa training tergantung dari manajemennya menganggap di trainer itu udah siap jadi idol belum.
13.   Rata-rata semua Band tinggal di satu rumah/asrama
Manajemen artis Korea menganggap penempatan anggota group mereka di sebuah rumah/dorm/asrama akan lebih memudahkan mereka dalam mengatur jadwal member group mereka. Ini juga menjadikan para member lebih dekat dan mengenal satu-sama lain.
14.   Semua Band pasti punya sebutan buat fansclubnya
Semua band berlomba-lomba memberikan nama yang unik dan menarik untuk fansclubnya masing-masing dan pastinya juga sesuai sama karakter group mereka. Misalnya: VIP buat BIGBANG lovers, Hottest buat 2PM, dan masih banyak lagi seperti yang udah Eun_Tae bahas dulu Nama Fansclub.
15.   Kebanyakan member group pasti dipasangkan dengan member yang lain atau member dari group lain
Ini merupakan sebuah siasat dari manajemen untuk semakin menambah greget dan popularitas group mereka. Contoh member yang dipasangkan dengan member yang lain adalah: di BIGBANG ada G-Dragon dengan Seungri (G’Ri Couple); SHINEE ada Onew dengan Key (OnKey), Onew dengan Taemin (OnTae), Taemin dengan Minho (2Min) dan masih banyak lagi. Contoh untuk member yang dipasangkan dengan member group lain adalah: G-Dragon BIGBANG dengan Sandara Park 2NE1 (DaraGon), WooYoung 2PM dengan Sandara Park (WooDara) dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar